A.Kesimpulan
Perkembangan
produksi mie instan di indonesia memperluhatkan suatu peningkatan yang positif.
Secara kuantitas, produksi mie instant dari tahun ke tahun mengalami kenaikan
dengan tren yang positif. Hal ini menunjukkan suatu prospek yang cukup baik bagi industri mie instant ini
pada masa yang akan datang.
B.Saran
PT.
Indofood Sukses Makmur menjadikan mutu dan kepuasaan pelanggan sebagai basis
bagi pencernaan yang dilakukan oleh perusahaan. Oleh karena itu keinginan dan
kebutuhan konsumen harus diperhatikan oleh produsen karena kebutuhan ini akan
senantiasa berubah. Perkembangan produk mie instan yang sudah dianggap sebagai
makanan cepat saji dan bahkan sebagai makanan pokok, menyebabkan tingkat
persaingan pada industri mie instan ini semakin tinggi.
Berdasarkan
hasil penelitian, penulis mencoba memberikan beberapa saran yang mudah-mudahan
bermanfaat dan dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan bagi perusahaan
seperti berikut :
·
Dengan memperkuat mereknya sendiri,
misalnya dengan melakukan inovasi,
meningkatkan kesetiaan retailer, dan memberikan bonus pembelian.
·
Terus meningkatkan strategi promosi
seperti
Tagline : Indomie Seleraku
Iklan
: billboard, iklan TV, sponsor acara
Event
: Indomie menggelar ajang membuat lagu ”jingle” untuk pelajar SMA, acara tersebut berjudul
Jingle Dare, yang berlangsung pada 24 April 2008.
·
Pemanfaatan dan pengalokasian modal
dengan tepat yang digunakan untuk pengembangan teknologi seoptimal mungkin.
·
Mempertahankan ciri khas produk.
·
Perusahaan hendaknya memperbesar jumlah
biaya produksi dengan cara meningkatkan volume produksi atau meningkatkan
jumlah bahan baku yang digunakan karena biaya produksi lebih besar dalam
menyumbangkan kontribusi tehadap laba usaha sehingga perusahaan dapat
meningkatkan jumlah laba yang diperoleh.
Saran dan kritik untuk kedepannya.kurangi bgn kimia. Karena kandungan kimia sangat tdk baik.
BalasHapus